Ini adalah hasil screenshot dari gambar yang akan kita buat.
Karena kita akan membuat gambar persegi dan gambar lingkaran
di Netbeans. Untuk itu kita membutuhkan class Persegi dan class
MenggambarPersegi.
Dan inilah coding yang digunakan dalam membuat gambar
diatas.
Coding untuk class Persegi:
package persegi;
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.JPanel;
/**
*
* @author Natan
*/
public class Persegi extends JPanel{
@Override
protected void
paintComponent (Graphics g) {
super.paintComponents(g);
g.setColor(Color.RED);
g.fillRect(50, 50,
100, 100);
g.drawLine (50,
50, 150, 50);
g.drawLine (150,
50, 150, 150);
g.drawLine (150,
150, 50, 150);
g.drawLine
(50,150,50,50);
g.setColor(Color.MAGENTA);
g.fillOval(150,
150, 150, 150);
g.drawOval (150,
150, 150, 150);
g.setColor(Color.BLUE);
g.fillRect(300,
50, 100, 100);
g.drawRect(300,
50, 100, 100);
g.setColor(Color.YELLOW);
g.fillRect(50, 300,
100, 100);
g.drawRect(50,
300, 100, 100);
g.setColor(Color.BLACK);
g.fillRect(300,
300, 100, 100);
g.drawRect(300,
300, 100, 100);
g.setColor(Color.BLUE);
g.drawString("Nataniel", 200, 220);
g.drawString("Tappa", 205, 240);
}
}
^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^
Coding class MenggambarPersegi:
package persegi;
import java.awt.Color;
import javax.swing.JFrame;
/**
*
* @author Natan
*/
public class MenggambarPersegi extends JFrame {
public
MenggambarPersegi () {
setTitle
("Gambar persegi");
add (new
Persegi());
}
public static void
main(String[] args) {
MenggambarPersegi frame = new MenggambarPersegi ();
frame.setSize(500,500);
frame.setLocationRelativeTo(null);
frame.setVisible(true);
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
frame.setBackground(Color.GREEN);
frame.setTitle("Nataniel Tappa");
}
}
0 komentar:
Posting Komentar